Sunat Klamp di Waru Sidoarjo

Jika anda sedang mencari sunat yang tanpa sakit dan cepat sembuh maka sunat klamp adalah jawabannya. Sunat klamp kini banyak digemari karena sangat cocok untuk anak-anak. Jika selama ini sunat identik dengan tangisan dan rasa nyeri. Maka kini sunat modern telah menemukan sebuah cara yang membuat sunat begitu simple dan efektif.

Sunat klamp adalah metode sunat dengan menggunakan clamp alias klem, yakni tabung plastik khusus yang memiliki ukuran bervariasi sesuai dengan ukuran penis. Prinsip sunat klamp adalah dengan menjepit kulit penis (kulup) menggunakan alat sekali pakai, kemudian kulup tersebut dipotong dengan pisau bedah tanpa dijahit.Banyak orangtua yang memilih sunat klamp karena luka sunat cepat kering dan sembuh. Namun, seperti halnya metode sunat yang lain, sunat klamp juga memiliki beberapa kekurangan yang harus menjadi pertimbangan Anda.

Kelebihan sunat klamp dibanding metode sunat lainnya

Salah satu ketakutan orangtua saat membawa Si Kecil sunat adalah melihatnya meringis kesakitan. Namun dengan sunat klamp, kekhawatiran ini bisa diminimalisir karena sunat ini memiliki beberapa kelebihan, seperti:

  • Proses sunat klamp sangat cepat, yakni hanya sekitar 7-10 menit
  • Anak tidak merasakan sakit ketika disunat, bahkan bisa langsung memakai celana dan beraktivitas seperti biasa usai disunat
  • Tidak memerlukan jahitan maupun perban karena perdarahan minimal
  • Luka sunat boleh kena air.

Meskipun demikian, orangtua harus merogoh kocek lebih dalam ketika memilih metode sunat ini. Selain itu, klem yang menepel pada penis dapat membuat Si Kecil merasa tidak nyaman, terutama selama pengerjaan pemotongan kulup.

Pengerjaan sunat klamp

Hal yang harus diperhatikan saat melakukan sunat klamp adalah pemilihan klem yang sesuai ukuran penis anak. Penting juga untuk memastikan penjepit yang digunakan pada proses ini bersifat sekali pakai untuk menghindari nekrosis alias matinya sel dan jaringan yang terdapat pada penis.Setelah alat dan pasien siap, dokter akan menutup penis dengan kain steril yang tengahnya berlubang. Penis anak kemudian disuntik anestesi lokal atau menggunakan krim anestesi.Setelah itu, langkah sunat klamp yang dilakukan adalah:

  • Probe (semacam batang besi kecil) dimasukkan ke bagian kulup anak untuk membersihkan area tersebut, namun tidak sampai membuka uretra (saluran kencing).
  • Dengan menggunakan klamp lurus, punggung kulup akan dijepit demi meminimalkan perdarahan, tapi bagian uretra tidak terjepit.
  • Dengan gunting, area pertengahan kulup yang di-klamp akan digunting untuk persiapan penyisipan bel pada klem.
  • Dengan menggunakan kassa, kulup ditarik hingga bagian leher penis, lalu diposisikan kembali, kemudian kedua ujung tepi yang telah dipotong dijepit dengan klem.
  • Dokter kemudian akan memilih ukuran bel yang sesuai dengan ukuran penis anak, lalu bel dimasukkan ke bawah kulup hingga terpasang dengan benar.
  • Klem lalu dipasang, kemudian dokter mengukur banyaknya kulup yang akan dipotong dengan metode sunat klamp.
  • Setelah pasti, klemakan dikencangkan, tunggu 5 menit, baru dilakukan pemotongan kulup. Kondisi klem dan bel masih terpasang di penis anak.
  • Setelah sunat klamp dirasa sudah rapi, klem akan terlebih dahulu dicopot, kemudian baru bel dilepaskan menggunakan kain kassa.

Seluruh prosedur tersebut dilakukan dengan sangat cepat, efektif, serta pendarahan minimal. Meski demikian, sunat klamp tidak bisa dilakukan jika anak menderita hipospadia (kelainan letak lubang kencing) ataupun memiliki ibu yang mengidap virus imunodefisiensi (HIV).

Related posts

Khitan Saat Bayi di Waru Sidoarjo

Menyunat anak meski masih bayi apakah diperbolehkan ? Menurut para ahli kedokteran tidak masalah menyunat bayi. Selama bayi terlahir sehat dan tidak prematur. Sunat merupakan operasi pembuangan kulup atau kulit yang menutupi bagian ujung atau kepala penis. Di Indonesia, prosedur sunat sebagian besar dilakukan karena faktor agama maupun tradisi. Sementara...

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
Halo Rumah Sunat Waru
Powered by